Minggu, 09 Januari 2011

PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

                                                         
Pengertian Program adalah kumpulan instruksi / perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses.
Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)   adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan prilaku positif remaja tentang kesehatan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan koalitas generasi mendatang.

P E N D A H U L U A N

Remaja merupakan cikal bakal tumpuan harapan bangsa untuk dapat menunjukan pengabdian dan tanggung jawabnya dalam mengisi kemerdekaan, menciptakan masa depan yang lebih baik, kemajuan masyarakat Indonesia. Selain itu pula remaja dituntut harus berani tampil sebagai pelopor dan pendorong pembentukan karakter masyarakat melalui Cipta, Rasa, Karsa dan Karyanya diseluruh bidang, remaja pula merupakan modal strategis untuk mewujudkan keserasian, keharmonisan, keselarasan dalam rangka memperkuat kesetiakawanan sosial, kebersamaan, kejuangan dan pengabdian di tengah-tengah masyarakat.
Usia remaja 10-19 tahun di Indonesia terdapat sekitar 43 juta jiwa dari 220 juta jiwa penduduk Indonesia berarti sekitar 19,61% penduduk di Indonesia adalah usia remaja. Maka sangatlah rasional ketika para peneliti menyampaikan sekitar 6% menyatakan secara terbuka pernah melakukan hubungan seksual, 8% pria telah menggunakan obat-obatan terlarang dan 3,02% dinyatakan positif terserang HIV/AIDS. Sunggguh angka yang mengerikan bagi generasi remaja, yang notabene merupakan penerus perjuangan bangsa di masa yang akan datang.
Khusus di Jawa Barat Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang salah satu tujuannya bermuara pada Pendewasaaan Usia Perkawinan (PUP), perlu penanganan secara khusus dan komprehensif, mengingat jumlah remaja di Kota Bandung secara proporsional cukup besar yaitu + 29%, belum lagi secara mental sosial remaja merupakan masa labil dan masa transisi dari dunia anak ke dewasa, sangat riskan terhadap pengaruh-pengaruh negatif baik dari lingkungan sekolah maupun dari lingkungan rumah.


L A T A R B E L A K A N G

Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan prilaku positif remaja tentang kesehatan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksi dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan koalitas generasi mendatang.
Selain itu KRR difokuskan pada 4 (empat) sasaran utama yaitu :
1) peningkatakan Komitmen terhadap Program KRR,
2) Intensifikasi Komunikasi perubahan perilaku remaja,
3) Peningkatan Kemitraan dan Kerjasama dalam program KRR, dan
4) Peningkatan Akses dan kualitas pengelolaan dan pelayanan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR).


L A N D A S A N H U K U M

1. Undang-undang Nomor : 10 Tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera;
2. Undang-undang Nomor : 23 tahun 1992 tentang Kesehatan;
3. Surat Edaran Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan BKKBN No. 1546/PD.3003/F2/2002 tanggal 21 Agustus 2002 tentang Pedoman Pengembangan Kegiatan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR);
4. Surat Edaran Kepala BKKBN No.485/KT.401/E2/2002 tanggal 18 Maret 2002 tentang Pelaksanaan Program Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR).

VISI, MISI & STRATEGI

VISI :
Menuju remaja gaul, gaya, sehat dan mandiri

MISI :
1. Meningkatnya komitmen remaja untuk mencegah TRIAD KRR;
2. Menyampaika informasi KRR secara cepat dan tepat;
3. Memberikan pelayan konseling bagi umum;
4. Memberikan rujukan medis kepada klien yang memerlukan;
5. Menekan angka perkawinan dini/muda;
6. Memberikan kecakapan hidup/lifeskill kepada remaja;

STRATEGI :
Dengar, Tahu, mengerti dan memberi solusi bagi masalah remaja melalui :
- Diskusi Kelompok (FGD)
- Email/Surat (Facebook)
- Tatap muka
- Event-event
- By Phone / SMS
- Visiting / Kunjungan
- Leaflet / Pamflet / buletin
- dan media cetak lainnya


S A S A R A N

1. Remaja
2. Keluarga
3. Organisasi /Institusi
4. Sekolah / Pesantren
5. Masyarakat umum


M A S A L A H

- Kesehatan Reproduksi
- Narkoba
- HIV / AIDS
- Pacar
- Konflik Keluarga
- Sekolah
- Pertemanan
- Perkawinan
- dll


P R I N S I P

Setiap klien terlayani dengan prinsip :
Terjaga kerahasiannya, relevan, friendly
dan pencerdasan dalam berfikir dan bersikap


P E N U T U P

Salah satu upaya pemenuhan kebutuhan remaja akan kesehatan reproduksi adalah dengan menyediakan informasi dan pelayanan konsultasi. Pemenuhan kebutuahn tersebut dapat direalisasikan dalam berbagai kegiatan yang salah satunya diselenggarakan oleh PIK-KRR, yakni dengan mengadakan Penyuluhan kepada remaja. Semoga melalui kegiatan ini, dapat menumbangkan informasi dan wawasan remaja tentang hak-hak kesehatan reproduksi dan Triad KRR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar