Minggu, 09 Januari 2011

BEDAH FILM: REMAJA ABG JADI SIMPANAN OM


Film Sst..Jadikan Aku SimpananMengingatkan Wanita Jauhi Harta Haram


Melihat judulnya yang vulgar, Sst...Jadikan Aku Simpanan, film komedi romantis ini sepertinya akan mengumbar paha, dada, dan adegan esek-esek yang menjijikkan. Apalagi bila melihat para pemainnya, Julia Perez dan Ayu Azhari, yang sebelumnya memiliki label Bom Seks. Ternyata Tidak.
Meski judulnya memancing syahwat, namun film garapan sutradara Hanny R Saputra ini ternyata juga memiliki pesan moral yang cukup tinggi. Film yang menceritakan obsesi seorang gadis yang ingin menjadi wanita simpanan ini mengingatkan kaum wanita, terutama para gadis belia yang terhimpit ekonomi, agar tidak mengambil jalan pintas dengan menjadi peliharaan atau simpanan "om senang" yang hanya berorientasi seks semata.
"Saya berharap film komedi ini bisa memberikan kesan dan pesan moral kepada para penontonnya," kata Hanny kepada wartawan sebelum pemutaran film ini di Jakarta, pekan lalu.
Film komedi-romantis pertama karya Hanny R Saputra ini sudah beredar di bioskop seluruh Indonesia mulai Kamis, 12 Januari 2010. Selain Ayu Azhari dan Julia Perez, film ini juga dibintangi penyanyi melankolis yang juga aktris muda berbakat seperti Acha Septriasa. Inilah produksi ke-68 PT Virgo Putra Film yang sebelumnya menghasilkan antara lain Cinta Dibalik Noda (1984), hingga Realita Cinta dan Rock N Roll (2005), Suster N (2007), dan Sumpah (ini) Pocong (2008).
Sst...Jadikan Aku Simpanan adalah film komedi yang menggigit, menohok permasalahan sosial yang saat ini menjadi pembicaraan hangat di masyarakat, yakni fenomena wanita simpanan, terlebih yang tampil secara terang-benderang di ranah publik seolah tiada lagi tabu yang menghalang. Film ini dengan cerdas, tanpa berusaha menggurui, mengajak kita semua menertawakan bopeng-bopeng kehidupan yang makin dianggap wajar, bahkan baik diam-diam maupun terang-terangan kerap dijadikan acuan serta pujian.
Keistimewaan film ini adalah paduan tiga unsur utama, yakni skenario kuat, harmonisasi akting para aktris tiga generasi, serta tim produksi kompak.
Di bawah komando Hanny R Saputra yang sukses membesut drama remaja fenomenal, seperti Virgin, Heart, hingga Love is Cinta, skenario karya Cassandra Massardi (Oh Baby, Kawin Laris, dan Get Married 2) tampil bernyawa dengan ilustrasi musik oleh Dian HP yang sudah terbukti sukses memberi nilai tambah musikal pada beberapa film karya Hanny R Saputra sebelumnya.
Pengambilan gambar seluruhnya dilakukan di Jakarta, demikian juga kegiatan post production-nya antara lain: penataan musik, sound effect, dan editing yang dilakukan secara profesional untuk menghasilkan satu karya utuh yang renyah ditonton dan cukup menohok untuk dijadikan perenungan agar kemanusiaan kita tak lekang oleh berbagai jamur peradaban di kota besar seperti Jakarta.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar